BerandaPERISTIWAAnggota Aliansi Wartawan Surabaya Mengikuti (OKK) di PWi Jatim

Anggota Aliansi Wartawan Surabaya Mengikuti (OKK) di PWi Jatim

SURABAYA, Lintassurabaya.com – Sebanyak 43 wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Surabaya mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada ( 27/05/2023 ).

Acara dilaksanakan di Gedung PWI Jatim yang terletak di Jalan Taman Apsari No.15-17, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

Dalam sambutannya Ketua PWI Jatim, Luthfil Hakim mengatakan, OKK merupakan tahap atau syarat bagi wartawan yang mau menjadi anggota muda PWI.

“Sesuai Ketentuan PWI pusaat, saat ini untuk menjadi anggota muda salah satu syaratnya harus melewati OKK terlebih dahulu,” ujar Luthfil.

Dengan demikian, pesrta yang hadir saat ini merupakan bukti keseriusan, sebab, menurutnya, jadi wartawan itu harus serius.

“Jadi wartawan itu harus serius, tidak bisa setengah-setengah, karena punya tanggung jawab yang besar terhadap publik dan terikat dengan Undang-undang pers, maka tidak boleh sembarangan, harus serius,” kata Luthfil.

Menurutnya profesi kewartawanan itu tidak bisa tiba-tiba, selain bisa menulis, banyak proses yang harus lalui.

“Tidak bisa, minggu kemarin masih jadi tukang las, minggu berikutnya tiba-tiba sudah jadi wartawan,” kelakar Luthfil, disambut riuh tawa peserta.

Sementara itu salah satu peserta, Kiki Kurniawan mengaku senang bisa Mengikuti OKK yang diselenggarakan oleh PWI.

“Banyak pelajaran yang saya dapat dari OKK ini, terutama mengenai problematika wartawan terkait Undang-undang yang mengikatnya, lebih-lebih terkait prilaku di medsos,” kata Kiki.

Dari semua materi yang didapat hari ini, Kiki berharap bisa mengubah perilaku dan mental kita semua sebagai wartawan.

“Sesuai kata mas Luthfil, keluar dari sini kita harus lebih berkualitas,” pungkas Kiki.

(mlk)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments