test
BerandaTNILantamal V Sambut Kedatangan Kapal Perang Hmaz Anzac (FFH-150) Dari AL Australia

Lantamal V Sambut Kedatangan Kapal Perang Hmaz Anzac (FFH-150) Dari AL Australia

Lintas Surabaya, Surabaya – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono yang diwakili oleh Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia menyambut kedatangan Kapal Perang Hmaz Anzac (FFH-150) Dari Angkatan Laut Australia di Dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak, Surabaya. Selasa (01/08/2023).

Kapal perang Hmaz Anzac (FFH-150) jenis fregat ini memiliki panjang 120m lebar 15m membawa ABK sebanyak 170 Crew dengan dikomandani oleh Komandan Barton Harrington yang kedatangannya ke Kota Pahlawan ini membawa misi yang dibingkai dalam kegiatan Indo-Pacific Endeavour (Ipe) 2023 program aktualisasi hubungan Internasional terutama antara AL Indonesia dan AL Australia yang masih konsisten terus selama ini, yang merupakan salah satu hubungan regional utama Australia di wilayah Asia Tenggara dan Timur Laut Samudera Hindia.

Adapun kegiatan yang dimaksud antara lain dengan melakukan sejumlah kegiatan bilateral seperti sarasehan keagamaan dengan menghadirkan para Perwira rohani baik dari TNI AL dan AL Australia, pertukaran keahlian dalam bidang penyelamatan, lokakarya keamanan dan perdamaian gender.

Dalam sambutannya Danlantamal V yang dibacakan oleh Wadan Lantamal V mengucapkan
terima kasih kepada Konsul Jenderal Australia di surabaya Ms Fiona Hoggart juga Komandan Hmas Anzac Komandan Barton Harrington dan crew yang telah kunjungi surabaya, semoga kerjasama dan koordinasi antara kedua Angkatan Laut kita akan lebih dekat.

Kapal Perang Hmas Anzac FFH-150 rencananya akan bersandar di Dermaga Jamrud utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selama empat hari terhitung mulai dari tanggal 01 Agustus 2023 sampai dengan 04 Agustus 2023 mendatang.

Turut hadir dalam penyambutan kapal Perang Australia, Kadisyahal Lantamal V, Danyonmarhanlan V, Kasatkom Lantamal V, Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia Captain Rodney Griffiths, Komandan Indo-Pacific Endevour (Ipe) 23 port Aircdre Tonny Mccormack serta perwakilan dari Konjen Australia yang ada di Surabaya. (S nto)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments