BerandaHUKRIMKomplotan Pembobol Rekening Puskesmas Ditangkap Polres Pelabuhan Tanjung Perak

Komplotan Pembobol Rekening Puskesmas Ditangkap Polres Pelabuhan Tanjung Perak

Lintas Surabaya, Surabaya – Komplotan pembobol rekening milik salah satu Puskesmas diwilayah Surabaya Timur yang kerugian hingga puluhan juta rupiah tertangkap.

Pelaku berjumlah tiga orang yakni masing – masing berinisial AA (19) WW (31) dan SH (50) warga Komiring Ilir Palembang Sumatera Selatan.

Berdasarkan keterangan Kepala Puskesmas Tanah Kali Kedinding Kenjeran Surabaya Dr Era Kartika Wati saat di Mapolres Tanjung Perak Surabaya mengatakan, peristiwa pembobolan rekening Puskesmas terjadi pada bulan Mei – 2023.

Awalnya saya kaget ketika mengecek saldo rekening yang disimpan di Bank BNI jumlahnya berkurang hingga puluhan juta rupiah, padahal kita tidak melakukan transaksi apapun.

Namun tiba-tiba saja muncul sejumlah mutasi transaksi debit hingga saldo berkurang hingga mencapai Rp 51 juta rupiah.

Tiba-tiba muncul debit di rekening dengan nomimal hingga 51 juta rupiah,” ujar Dr Era saat ditanya awak media Rabu (30/08/2023).

Dr Era menyebut, akhirnya Bendahara saya memutuskan untuk membuat laporan ke Mapolres Tanjung Perak Surabaya.

Saya sendiri juga melaporkan ke ke Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Jawa Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tanjung Perak AKP Arief Rizky Wicaksana menyampaikan, penangkapan para pelaku setelah pihaknya melakukan serangkaian penyelidikan dan akhirnya berhasil melacak siapa pembobol rekening tersebut.

Dari hasil penelusuran yang kami lakukan, petugas mendapatkan lokasi pelaku pembobol rekening Puskesmas itu ternyata berada di Palembang Sumatera Selatan.

Berbekal informasi itu, polisi melakukan pengejaran terhadap para pelaku dan berhasil dotangkap di daerah Palembang Sumatera Selatan.

Modus operandi yang dilakukan oleh pelaku hingga berhasil membobol rekening salah satu Puskesmas di Surabaya dengan cara phising atau menduplikasi link yang dibuka oleh korban,” jelas Arief. (S nto)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments