Free Porn
xbporn
BerandaEKBISJATIM COFFEE & TRADE FEST 2024 Jember, Kebangkitan Kopi di Jawa Timur

JATIM COFFEE & TRADE FEST 2024 Jember, Kebangkitan Kopi di Jawa Timur

Lintas Surabaya, Jember – Indonesia merupakan Negara penghasil Kopi terbesar di Dunia,dimana berdasarkan data Badan Pusat Statistik ( BPS ) Indonesia telah berhasil memproduksi 774,60 ribu Ton atau 11,95 juta karung pada tahun 2020.

Selain itu Indonesia juga disebut sebagai Negara Pengekspor Kopi terbesar dengan tujuan ekspor ke Amerika Serikat,Jepang,Spanyol dan lainnya.

Kenyataan diatas menjadi sebuah ironi karena Propinsi Jawa Timur,sesuai data BPS masih menjadi Propinsi ke 6 dalam hal produksi Kopi.

Produksi kopi di Jawa Timur sebesar 47,9 ribu ton masih berada jauh di bawah Propinsi Sumatera Selatan dengan kapasitas produksi kopi sebesar 208 ribu ton pada tahun 2022.

Masih juga dibawah Propinsi Lampung,Sumatera Utara,Aceh dan Bengkulu dengan kapasitas produksi 59,8 ton pada tahun 2022.

Kenyataan diatas menjadi sebuah narasi penting untuk menciptakan momentum yang akan menjadi kebangkitan produksi Kopi bagi Jawa Timur.

Momentum kebangkitan produksi kopi ini juga harus selaras dengan adanya support system baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten.

Setidaknya ada lima kabupaten di Jawa Timur yang menjadi tumpuan penghasil kopi yaitu Banyuwangi,Bondowoso,Malang,Pasuruan dan Jember pastinya.

Pagelaran Pameran JATIM COFFEE dan TRADE FESR ini akan menjadi selebrasi event dalam menajamkan aktualisasi momentum kebangkitan kopi di Jawa Timur.

Gelaran Pameran JCTF 2024 ini digagas dan diinisiasi oleh MAKI ( Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ) Koordinator Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Dan menjadi sebuah kolaborasi positif karena akan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Jember sebagai tuan rumah penyelenggaraan JCTF 2024.

Jatim Coffee & Trade Fest ini akan digelar mulai tanggal 23 s/d 26 Mei 2024 di Kota Cinema Mall Jember dan akan diikiti oleh jajaran OPD Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Jember serta jajaran OPD di luar Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Jember.

JCTF 2024 yang mengangkat tema ” STOP BULLYING,DRINK COFFEE AND STOP CORRUPTION ” ini juga akan dimeriahkan dengan sederet kegiatan yang sangat padat.

Tercatat dalam publish event ada Lomba Mewarnai terbesar tingkat PG/KB/PAUD/TK dan SD kelas 1 & 2 Gratis dengan memperebutkan Hadiah Jutaan rupiah serta Piala Bupati Jember,ada juga Fashion Kompetisi Kidz,Teeenage,Dewasa dan Fashion Competition Emak Emak,Stand Up Comedy Competition dan Festival Band Competition.

Untuk teknikal kopi ada event Tarung Green Bean ( Tarung Biji Kopi ),Barista Competition,Roasting Kopi Festival dan aneka kegiatan kopi lainnya.

Selain itu Panitia pelaksana juga akan mendatangkan artis Ibukota seperti Duo Percussion dan Donny Sibarani dan home band Jember yang tidak kalah menarik untuk ditampilkan.

Masih lagi ditambah dengan performa DJ yang akan mewarnai hentakan suasana malam hari dalam pameran Jatim Coffee & Trade Fest.

Kegiatan Workshop dan pendampingan seperti penerapan digital marketing,kwalitas packaging,keilmuan di bidang hulu dan hilir dunia kopi dan sertifikasi barista,Procesor dan Asesor akan mewarnai juga kegiatan JTCF 2024.

CV Kalinda Sukses Bersama yang ditunjuk MAKI Jatim sebagai Event Organizer penyelenggara Pameran JCTF sudah menyatakan kesiapannya untuk membuat Jember Menyala selama 4 hari,mulai tanggal 23 – 26 Mei 2024.

Dalam kesempatan lainnya,Heru MAKI sebagai Ketua MAKI Koorwil Propinsi Jawa Timur juga telah menyatakan kesiapan dan keseriusannya dalam penyelenggaraan JCTF 2024.

MAKI Jatim secara kelembagaan juga akan melakukan kolaborasi positif dengan jajaran Organisasi Pemerintah Daerah di luar Propinsi Jawa Timur,seperti Propinsi Bali,NTB,Sulsel,Jambi,Bengkulu,Jawa Barat,Jawa Tengah,Aceh dan Sumatera Selatan berkaitan dengan peran sertanya untuk mengikuti pameran JCTF 2024.

Semarak pelaksanaan JATIM COFFEE & TRADE FEST 2024 akan menjadikan Kopi dan Petani Kopi Indonesia akan semakin Menyala dan menjadi komoditi yang sangat Gemoy nantinya,Amin. (red)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments