test
BerandaNEWSKadiskominfo Jatim Lakukan Sodialisasi Peralihan Siaran TV Analog ke TV Digital

Kadiskominfo Jatim Lakukan Sodialisasi Peralihan Siaran TV Analog ke TV Digital

SURABAYA – Dalam waktu dekat siaran Televisi analog akan segera dimatikan dan sebagai gantinya pemerintah akan menyiarkan TV channel digital.

Kadiskominfo Jatim, Dr. Hudiyono, M.Si, usai kebuka puasa memberikan keterangan pada awak media di salah satu coffee yang ada di Sidoarjo. Jumat, (8-04-2022) menjelaskan bahwa perubahan dari TV Analog ke TV Digital akan dilakukan secara bertahap mulai April 2022 hingga sampai November 2022.

Menurut Hudiyono, bagi masyarakat yang tidak mampu mengganti TV Analog ke Digital, pemerintah tetap akan membantunya dengan menyediakan Set Top Box.

“Untuk masyarakat yang tidak mampu atau miskin yang terdaftar di Kementerian Sosial akan dibantu pemerintah pemberian alat Set Top Box, ” ucapnya.

Lanjut Hudiyono menjelaskan, kelebihan dan tujuan dari sistem penyiaran televisi digital ini mampu memancarkan sinyal gambar dan suara dengan kualitas penerimaan yang lebih tajam serta jernih di layar TV dibandingkan siaran analog, sementara tujuan beralihnya sistem penyiaran digital ini untuk efisiensi penggunaan spektrum frekuensi, serta peningkatan kualitas siaran menuju persaingan dunia penyiaran.

“Masyarakat perlu ketahui bahwa penyiaran televisi terestrial dari teknologi analog ke teknologi digital yang dikenal sebagai proses ASO atau Analog Switch Off harus diselesaikan paling lambat 2 tahun sejak Undang Undang Cipta Kerja berlaku atau jatuh pada tanggal 2 November 2022” tandasnya. (D1N)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments