test
BerandaTNI755 Siswa Dikmata TNI AL Lulus Tahap Sarrit Lanjut Tahap Sargol

755 Siswa Dikmata TNI AL Lulus Tahap Sarrit Lanjut Tahap Sargol

Lintas Surabaya, Surabaya – Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal menggelar Upacara Penutupan Dasar Prajurit (Sarrit) dan Pembukaan Dasar Golongan (Sargol) Siswa Dikmata Angkatan XLIII/1 T.A 2023, yang dipimpin Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S.P Siagian selaku Inspektur Upacara di lapangan Apel Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil, Rabu (16/08/2023)

Kolonel Laut (P) Irwan S.P Siagian dalam amanatnya menyampaikan, sebanyak 755 Siswa Dikmata Angkatan XLIII/1 TA 2023 telah menyelesaikan seluruh pelajaran serta materi tentang Dasar-dasar kemiliteran, yang semuanya telah dipraktekkan dalam Lattek Berganda di daerah Latihan Pusat Latihan Pertempuran (PLP-4) Marinir Purboyo.

“Walaupun tahap pendidikan Dasar Keprajuritan telah selesai, namun jangan cepat merasa puas terlebih dahulu. Sebab masih ada dua tahap pendidikan yang harus diselesaikan yakni Pendidikan Tahap Dasar Golongan (Sargol) dan Pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan),” UJAR Danpuslatdiksamil kepada seluruh siswa.

“Pada tahap Sargol ini, siswa akan dibentuk menjadi Prajurit Matra Laut, dan dibekali pengetahuan lebih mendalam lagi yakni menitikberatkan pada pengetahuan ke Angkatan Lautan, sehingga akan lebih mengenal dan memahami tentang kehidupan Prajurit Matra Laut”, tambah Kolonel Irwan, sapaan karib Danpuslatdiksarmil.

Lebih lanjut menurutnya, Pembinaan fisik tetap menjadi prioritas utama, karena tanpa fisik dan jiwa yang sehat, Siswa tidak akan bisa melanjutkan Pendidikan ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, agar Siswa berlomba meraih prestasi yang terbaik, tidak bertindak bodoh dan menyimpang dari aturan pendidikan yang ada, karena bisa memutuskan harapan masa depan

Selain itu, Siswa juga dituntut untuk memiliki kemampuan sebagai Prajurit Matra Laut yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas dalam kehidupan sehari hari maupun dalam pelaksanaan tugas. Juga, semangatnya dalam mengikuti setiap kegiatan harus tetap menjaga Kesehatan, fisik dan Mental serta Meningkatkan kesamaptaan jasmani, agar dapat menyelesaikan Pendidikan di Puslatdiksarmil dengan sukses.

“Mantapkan hati sesuai dengan janji yang telah diikrarkan pada saat secara resmi memulai pendidikan pertama kali di Puslatdiksarmil, dan mempunyai semangat dan kebanggaan yang selalu tertanam didalam dada selamanya,” tegas Kolonel Irwan. (S nto)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments