BerandaTNIDibuka Panglima TNI, Dankodiklatal Hadiri Pembukaan Latma Super Garuda Shield 2023

Dibuka Panglima TNI, Dankodiklatal Hadiri Pembukaan Latma Super Garuda Shield 2023

Lintas Surabaya, Surabaya – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono, Menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Bersama Super Garuda Shield (Latma SGS) Tahun 2023, yang resmi dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Letnan Jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat, Xavier T di lapangan Pusat Latihan pertempuran (Puslatpur) 5 Marinir Baluran Situbondo, Jawa Timur, Kamis (31/8/2023).

Menurut keterangan Pers dari Puspen Mabes TNI, Lama SGS tahun ini melibatkan sebanyak 2.810 Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan 2.165 Tentara Asing dari negara sahabat yang ada di kawasan Indo-Pasifik di antaranya Indonesia, Amerika Serikat (US), Australia, Jepang, Singapura, Inggris, dan negara pengamat dari Inggris, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Perancis, Jerman, Filipina, Korea Selatan, dan Timor Leste.

Latihan bersama yang melibatkan 20 negara ini mengusung tema “Latma Super Garuda Shield Tahun 2023 yakni Komando Gabungan Bersama (Kogabma) dengan melaksanakan operasi gabungan bersama di beberapa titik di wilayah Surabaya, Puslatpur 5 Marinir Baluran Situbondo, Lapangan Grati Banyuwangi, Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Lanud Juanda, Dodiklatpur Kodam V/Brawijaya, dan Desa Sumberejo (Situbondo)”. Rangkaian latihan bersama Super Garuda Shield dijadwalkan berlangsung selama 14 hari, yakni dari tanggal 31 Agustus sampai dengan 13 September 2023.

Sementara tujuan dari Latma Super Garuda Shield adalah Meningkatkan kerja sama Bilateral antar militer dan hubungan militer yang positif, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan fungsi gabungan, prosedur staf memanfaatkan kemampuan kodal dari fungsi gabungan yaitu Mabes Angkatan Darat, laut, udara dan Koopssus TNI, serta meningkatkan interoperability TNI dan US Indopacom dalam hal kapasitas untuk merencanakan operasi gabungan bersama. (S nto)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments